Bush habiskan 12 milyar dolar tiap bulan di Iraq

AS habiskan 12 milyar dolar per bulan di Irak

Biaya perang AS bisa mencapai 5 trilyun dolar

Seiring dengan semakin beratnya medan di Irak, biaya perang pun semakin membengkak.

Di tahun 2008, tahun keenam perang Irak di era Bush Jr.,setiap bulannya menghabiskan 12 milyar dolar AS. Tiga kali lipat dari tahun pertamanya. Demikian laporan ekonom peraih nobel, Joseph E.Stiglitz.

Dalam sebuah wawancara baru-baru ini, Joseph Stiglitz menyatakan bahwa biaya perang Irak secara penganggara, ekonomi, dan sosial dapat mencapai 5 trilyun dolar AS.

Sebuah angka yang sulit untuk dimengerti. Jika kita membaginya dalam pecahan 1 dolar dan direntangkan, maka dapat untuk mengitari bumi sekali putar. Atau juga dapat untuk membeli 6 trilyun donat untuk sukarelawan kampanye Obama, Clinton, McCain dan Huckabee.

Namun lebih dari itu, kenyataannya biaya perang arogansi Bush ini bergerak melebihi perkiraan siapapun di dunia ini.
Apalagi bila ditambah dengan biaya perang di Afghanistan, maka akan muncul angka 4,5 milayar dolar tiap minggunya (bayangkan bila dirupiahkan).

Lebih kontras lagi, komunitas internasional yang tergabung dalam Badan Energi Atom Internasional (IAEA) menghabiskan kurang dari 400 juta dolar per tahun, itu kurang dari biaya sehari perang.

Dalam perbandingan yang lain, AS menghabiskan hanya 1 milyar dolar per tahun untuk pengamanan dan penghancuran sisa senjata nuklir dam material bom, kurang dari 2 hari biaya perang, Washington menghabiskan hanya 7 milyar dolar per tahun untuk masalah pemanasan global atau 2 minggu biaya perang.

Mungkin anda heran uang 3,5 milyar dolar per minggu itu untuk apa saja? dan bagaimana kita bisa tahu?

Administrasi pemerintahan Bush mengumpulkan sebuah permintaan suplemen, bahwa Pentagon saat ini menerima 500 nilyar tiap tahun untuk membayar biaya pokok perang di Irak, Afganistan dan untuk Perang Global melawan Terorisme. Jika anda tahan untuk membaca 159 halaman dokumen untuk tahun 2008.

Anggota konggress pun pasti akan heran dengan jumlah ini.

Tentu saja jumlah yang terkira ini ada tumbal yang harus di bayar. Jutaan warga Irak dan Afganistan yang meninggal serta cadangan minyak yang melimpah di Irak akan menjadi pembayar dari semua biaya perang ini. /rmd-aljazeera

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s