Pihak Sekolah Belgia Larang Jilbab

Brussel, Muslimah di Belgia mendapatkan hambatan untuk mengenakan jilbab di sekolah. Pihak administrator sekolah memberlakukan larangan berjibab di sekolahan.

Keputusan kontroversial ini mendorong siswi-siswi muslim untuk melakukan protes.

“Keputusan ini melanggar hak asasi, tidak bisa diterima,” demikian isi salah satu protes para siswi muslimah.
“Tidak ada laporan sebelumnya bahwa jilbab menyebabkan gangguan dalam proses belajar mengajar.” demikian kata salah satu pegunjuk rasa.

Selain protes mereka juga menulis petisi yang berisi ajakan kepada publik Belgia untuk memberikan dukungan meyakinkan pihak administrator sekolah membatalkan keputusan kontroversial ini.

Lebih dari 1000 orang, tidak hanya dari Belgia, namun juga dari negara Eropa yang lain membubuhkan tanda tangannya dalam petisi tersebut.

Pemimpin komunitas Islam setempat mengatakan keputusan pihak sekolah telah memunculkan debat di tingkat nasional.

“Pelarangan jilbab adalah isu yang rumit di Belgia, sebenarnya tidak ada aturan yang melarang penggunaannya di sekolah umum,” demikiam jelas Karim Chemlal, pemimpin MLB(Muslim League of Belgium) kepada IOL.

“Di sekolah dengan jumlah siswa muslim yang cukup besar, komite orang tua biasanya memiliki peran kuat dalam sebuah isu. Sebaliknya, administrator sekolah yang siswa muslimnya sedikit, lebih mudah menerapkan aturan pelarangan jilbab.”

Kontroversi baru ini bagaikan episode baru bagi umat Islam di Belgia, rumah bagi sekitar 450.000 muslim yang mayoritas berasal dari imigran Maroko dan Turki. November lalu, di kota Gent, kota ketiga terbesar, pegawai pemerintahan dilarang melayani wanita yang mengenakan jilbab.

Kota terbesar kedua, Antwerp ,juga melakukan pelarangan jilbab pada tahun 2007.
Kebanyakan pelarangan jilbab, menurut Chemlal, terjadi di daerah berbahasa Prancis, atau orang Belgia menyebutnya Wallonie.

Hal ini merupakan pengaruh dari keputusan pemerintah Prancis yang melakukan hal yang serupa tahun 2004, sehingga beberapa negara Eropa mengikutinya. rmd-IOL

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s