Gereja Anglikan Makin Goyah

Laporan Lia van Bekhoven dari London

16-07-2008

bishop300.jpgMereka biasanya hanya sekali bertemu dalam 10 tahun, dalam pertemuan para uskup Anglikan dari segala penjuru dunia. Konperensi Lambeth yang dimulai hari ini, bukanlah pertemuan gembira. Uskup Agung Rowan Williams nyaris butuh kekuatan ilahi untuk bisa tetap mempertahankan persatuan dalam gereja Anglikan.

Sebenarnya gereja Anglikan sudah terpecah-belah. Belakangan sekelompok umat Anglikan konservatif mendirikan gerakan baru; gereja di dalam gereja. Seperempat rohaniwan Anglikan menolak hadir dalam konperensi yang berlangsung selama tiga pekan itu. Williams sendiri sudah dikritik kanan-kiri, kepemimpinannya dikecam secara terbuka. Pemicu semua keresahan ini adalah bangkitnya rohaniwan perempuan dan juga rohaniwan homoseksual.

Awal dari akhir
Ketika pada tahun 1970an, perempuan pertama ditahbiskan sebagai pastor, ratusan rohaniwan Anglikan meninggalkan gereja. Kebanyakan bergabung dalam gereja Katolik. Pekan lalu disahkah keputusan mentahbiskan perempuan sebagai rohaniwan. Sebanyak 1300 rohaniwan mengancam akan mundur. Baru pada tahun 2014 perempuan pertama akan ditahbiskan rohaniwan. Tapi yang penting di sini adalah prinsipnya. ‘Pertama pernikahan antara sesama jenis, dan kini perempuan yang bisa menjadi uskup. Ini adalah awal dari akhirnya,’ tandas pendeta David Houlding.

Walau bukan butir agenda resmi, dalam tiga pekan mendatang, perselisihan antara kelompok progresif dan tradisionalis jelas akan mewarnai konferensi. Gereja Anglikan mempunyai sekitar 70 juta umat di 164 negara, kebanyakan di bekas jajahan Britania. Sayap liberal, yang terwakili secara kuat di negara-negara berbahasa Inggris, mengimbau umat agar bersikap toleran. Kaum liberal menganggap umat Anglikan sebagai luas dan inklusif. Mereka ingin menyesuaikan gereja dengan perkembangan masyarakat.

Gene-Robinson-article.jpg
Gene Robinson

Homoseksualitas
Para rohaniwan Anglikan dari Afrika, yang sering menganggap homoseksualtias ilegal dan kriminal, cenderung menafsirkan Alkitab secara harfiah. Yesus punya 12 rasul laki-laki, katanya. Dan itu bukan kebetulan. Jadi kenapa kita harus menerima wakil gereja perempuan yang menduduki posisi tinggi? Tanggapan seorang anggota liberal berbunyi: “Karena tidak bisa dibayangkan, pada abad ke-21 ini, Yesus masih akan mengajarkan diskriminasi.”

Lama diupayakan untuk tidak mengungkit-ungkit homoseksualitas. Atau paling tidak menerimanya. Ini berlanjut sampai tahun 2003, ketika di Amerika Serikat, pastor pertama yang secara terbuka menyatakan diri homoseksual, Gene Robinson, ditahbiskan sebagai uskup. Sejak itu situasi seperti tak terkendalikan lagi. Suasana tidak tambah baik ketika gereja Anglikan di Kanada mulai memberkati pernikahan sejenis. Padahal sebelumnya umat Anglikan menetapkan homoseksualitas sebagai dosa. Robinson sendiri tidak diundang pada konferensi Lambeth.

Goyah
Jadi, gereja Anglikan sudah bertahun-tahun goyah. Menurut beberapa orang bahkan sudah berabad-abad, atau paling tidak sejak Raja Henry VIII memutuskan cabut dari gereja Katolik, karena Sri Paus tidak memberinya izin untuk cerai. Itulah awal gereja Anglikan. Konflik yang sekarang merebak bisa saja merupakan langkah pertama menuju desintegrasi agama negara Inggris ini. Ini mengingatkan orang pada berbagai peristiwa yang menyebabkan berdirinya gereja Anglikan lima abad lalu.

Kata Kunci: Anglikan, homoseksualitas

One response

  1. Dlm hal iman, orang kristen lebih cerdas dr hindu, orang ateis lebih cerdas dr org kristen krn tahu kekonyolan trinity, orang islam paling cerdas dr semua.
    Org yahudi jg cerdas & tahu kebenaran islam sbgmn ayah mengenal anaknya tp ingkar krn hw nafsnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s