‘Dicueki’, Kalla Terus Dekati Jamaah Tabligh

Jakarta – Kedatangan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla di sebuah acara biasanya disambut gegap gempita. Tapi kali ini hanya disambut biasa saja. Bahkan Kalla terkesan dicueki.

Acara yang dihadiri Jusuf Kalla ini adalah istima’ alias silaturrahmi. Acara digelar oleh sekelompok ikhwah yang biasa melakukan dakwah yang sering disebut dengan nama Jamaah Tabligh.

“Orang saja yang menyebut itu (jamaah tabligh). Tapi kami tidak mengatasnamakan apapun. Kami jamaah islam biasa saja. Anda pun bisa termasuk dalam kelompok ini,” tutur salah seorang jamaah yang mengikuti acara itu di sebuah tanah lapang di Kecamatan Serpong, Kabupaten Tangerang, Jumat (8/8/2008).

Silaturrahmi puluhan orang yang berjanggut dan berpakaian celana sunnah setumit kaki ini pun dihadiri sekitar 300 ribu orang.

Saat datang, tidak banyak penjagaan di lokasi acara. Malah saat Kalla memasuki wilayah, tidak semua Paspampres diizinkan masuk. Wartawan dilarang mengambil gambar dan foto. Pun, wartawan perempuan tidak diperbolehkan keluar dari mobil.

Kalla lalu diantar menemui kelompok jamaah, dan salat Jumat bersama. Tapi tidak ada sambutan dan pidato dari Kalla seperti halnya jika ia menghadiri sebuah acara. Di dalam tenda, Kalla berbaur dengan para anggota jamaah.

“Di sini tidak ada yang kami istimewakan, semuanya sama. Kami juga tidak pernah mengundang pejabat untuk hadir. Mereka hadir sendiri,” ujar Kholid, salah seorang jemaah yang ditemui detikcom usai salat Jum’at.

Meski ‘dicueki’, kedatangan Kalla ini merupakan kedatangan kedua. Saat para jamaah ini berkumpul di Ancol, Jakarta setahun lalu, Kalla juga hadir.

Para jamaah ini berasal dari sejumlah daerah di tanah air. Ada yang dari Jawa, Sumatera, dan Sulawesi. Bahkan, dihadiri jamaah yang berasal dari luar negeri seperti Maroko, India, Malaysia dan Filipina.

Para jemaah tidur di dalam tenda-tenda yang mereka bangun. Dengan beralas tikar, mereka menginap di tempat ini selama 3 hari. “Setelah acara ini selesai, semuanya berpencar lagi untuk syiar. Malah ada yang ke luar negeri,” terang Wahyudin, anggota jamaah yang lain.

detiknews

One response

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s