Mujahidin Afganistan Tewaskan Pasukan ISAF

Mujahidin Afganistan Tewaskan Pasukan ISAF
Kamis, 21-08-2008 | 14:31:19 WIB

Seorang tentara pasukan penjajah koalisi pimpinan Amerika Serikat tewas dalam pertempuran dengan para pejuang di Afganistan barat pada Rabu, kata juru bicara pasukan itu.

Tentara itu, yang nama dan kebangsaannya tidak diumumkan, tewas akibat bertempur dengan para mujahidin Afganistan , yang menyerang patroli mereka di Afganistan barat, kata pernyataan pasukan koalisi tanpa menyebut tempat pastinya.

Kematiannya terjadi sesudah 10 tentara Prancis tewas akibat penyergapan pejuang Taliban di daerah Sarobi, sekitar 50 kilometer timur Kabul, ibukota negara terkoyak perang tersebut.

“Satu anggota tentara gabungan tewas akibat tembakan senjata ringan pada sore ini di Afganistan barat dalam ronda tempur,” kata pernyataan pasukan koalisi.

Dengan kematian terahir itu, 177 tentara asing tewas di Afganistan pada tahun ini, menurut perhitungan kantor berita Prancis AFP berdasarkan atas angka resmi.

Kebanyakan dari mereka tewas dalam pertempuran dengan pejuang.

Dukungan Sarkozy

Sepuluh tentara NATO Prancis tewas dan 21 luka pada Senin dan Selasa dalam pertempuran sesudah serangan Taliban di dekat Kabul, ibukota Afganistan, kata Presiden Nicolas Sarkozy.

“Mereka tewas dalam tugas pengintaian bersama dengan tentara negara (boneka) Afgan,” kata pernyataan Sarkozy.

“Langkah seksama, khususnya di udara dilancarkan untuk mendukung dan membebaskan orang kita, yang terjebak dalam penyergapan sangat keras itu,” katanya, dengan menambahkan bahwa ia pada Selasa malam akan ke Afganistan untuk memperlihatkan dukungannya kepada tentara Prancis di sana.

“Tekad saya bulat. Prancis memutuskan melanjutkan perjuangan melawan terorisme untuk demokrasi kekebasan. Alasannya adil,” kata pernyataan Sarkozy.

Korban terahir itu menjadikan 24 orang jumlah tentara Prancis tewas dalam tugas atau kecelakaan di Afganistan sejak tentara Prancis dikirim ke sana pada 2002.

Pejabat tentara di Kabul menyatakan bentrok itu dimulai dengan serangan atas ronda Pasukan Bantuan Keamanan Asing (ISAF) pimpinan persekutuan pertahanan Atlantik utara NATO di daerah Sarobi, sekitar 50 kilometer timur ibukota itu.

Jurubicara kementerian pertahanan Afganistan, enderal Mohammad Zahir Azimi menyatakan 13 pejuang, termasuk seorang warga negara Pakistan, juga meninggal (semoga syahid) akibat bentrokanersebut.

Pejuang Taliban menyatakan pejuangnya menyerang tentara ISAF di Sarobi dan meledakkan beberapa kendaraan.

Sebagian besar dari 3.000 tentara Prancis itu ikut dalam pasukan ISAF, yang beranggota 40 negara, di propinsi Kabul, yang termasuk Sarobi, dan di propinsi Kapisa, timurlaut ibukota tersebut.

“Kami terlibat pertempuran sepanjang malam dan masih berlangsung,” kata perwira ISAF kepada kantor berita Prancis AFP tanpa bersedia namanya ditulis.

Pernyataan ISAF mengatakan tentara terlibat dalam “kejadian penting dengan gerilyawan”, tapi ia tidak merinci.

Ia tidak menyebutkan kebangsaan tentara ISAF itu, tapi sumber tentara Barat, yang tak bersedia namanya disebutkan, menyatakan pasukan Prancis terlibat dalam pertempuran tersebut.

Gubernur Sarobi, Sayed Sulaiman, juga mengatakan ada pertempuran seru, tapi tidak banyak memiliki keterangan.

“Kami tahu bahwa musuh menderita korban dan mereka meninggalkan mayat,” katanya tanpa dapat merinci.

4 responses

  1. Lo org hy dibooingin ama ayat2 yg menyesatkan!’bknkan Agma yg bnr Bom bunuh diri itu musyric?
    kL mnrt Lo syahid artinya Lo ud msuk aliran sesat !!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s