Saatnya Dunia Melirik Ekonomi Islam

syariah islam

syariah islam

Akar permasalahan yang paling mendasar dari krisis ekonomi yang terjadi saat ini adalah gelembung perekonomian atau bubble economy yang tidak sesuai dengan kondisi riilnya.

Selain itu, penguasaan ekonomi oleh pemilik modal telah melahirkan ketidakadilan ekonomi bagi masyarakat dunia.

“Ini semakin membuktikan bahwa sistem kapitalisme tidak dapat lagi dilanjutkan. Saatnya dunia melihat sistem ekonomi yang paling adil dan tidak melahirkan gelembung ekonomi dan spekulasi, yaitu sistem ekonomi syariah atau sistem ekonomi Islam,” ujar Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah Aries Muftie kepada okezone, Senin (3/11/2008).

Sistem ekonomi Islam, menurut Aries, tepat untuk mengatasi krisis ekonomi berkepanjangan dan menghindari krisis selanjutnya di masa mendatang. Ada beberapa alasan yang membuat sistem ekonomi syariah tidak rentan terhadap krisis.

Alasan pertama, kata dia, adalah pasar keuangan syariah akan mengikuti perkembangan sektor riil, sehingga jumlah uang yang beredar akan sesuai dengan jumlah permintaan barang dan jasa, bukan akibat transasksi spekulasi di pasar mata uang.

Kedua, ekonomi Islam melarang sistem berbasis riba (bunga), maisyir (spekulasi), dan gharar (ketidakpastian). Ketiga, dalam Islam uang tidak boleh dianggap sebagai komoditas perdagangan. “Dan nilainya berstandarkan emas, sehingga selalu tetap sampai kapanpun juga,” imbuh dia.

Bagi para pengusaha, sistem ekonomi Islam jelas menguntungkan. Sebab, mereka tidak akan dipusingkan oleh berubah-ubahnya suku bunga, atau naik-turunnya nilai mata uang.

One response

  1. ya saatnya beralih kepada syariah islam dan hukum islam,indonesia sebagai mayoritas beragama islam tetapi lebih mengagungkan uang sebagai hukum.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s