Ayo Pak Mentri Tutup Blog Penghina Nabi

Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) memperingatkan dan mendesak wordpress.com memblokir sebuah blog yang berisi komik Nabi Muhammad Saw. Blog ini tidak saja menghina Nabi Saw, tapi juga berisi gambar-gambar cabul.

“Itu jelas pelanggaran terhadap UU. Dalam UU mengatur tentang SARA dan penghinaan agama,” tegas Kepala Bagian Informasi Publik Depkominfo Suprawoto pada diskusi publik bertajuk “Iklan Politik Menuju Kontrak Politik?” di Hotel Sari Pan Pasific, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (19/11/2008)..

Menurutnya, pihaknya tidak bisa memblokir blog tersebut, karena dibuat di luar negeri. “Itu tidak bisa diblok dari sini karena postingnya kan dari luar. Jadi kita sudah berkirim kepada wordpress untuk segera diblok,” aku dia.

Ia menambahkan, untuk sementara ini Depkominfo belum melaporkan pelaku kasus tersebut ke polisi.

Selain itu, Depkominfo menilai, website Indonesia.Faithfreedom.org terbukti bertentangan dengan regulasi yang berlaku di Indonesia karena berisi hasutan dan pelecehan terhadap agama Islam. Sebab itu Depkominfo berencana untuk menutup situs tersebut.

“Kami memandang esensi di situs itu bertentangan dengan peraturan yang berlaku. Dari aspek moral saja itu sudah merupakan harassment dan pelecehan terhadap agama,” papar Kepala Pusat Informasi dan Humas Depkominfo Gatot S Dewa Broto.

Dijelaskannya, situs tersebut melanggar dua undang-undang komunikasi dan informasi. Yang pertama adalah Undang-Undang Telekomunikasi No 36 Tahun 1999 Pasal 21 bahwa Penyelenggara telekomunikasi dilarang melakukan kegiatan telekomunikasi yang bertentangan dengan kepentingan umum, kesusilaan, keamanan, atau ketertiban umum.

Dan yang kedua adalah UU No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik di mana pada pada pasal 27 disebutkan hal yang tidak boleh dilakukan yang menyangkut pelanggaran kesusilaan dan pencemaran nama baik.”Ancaman hukumannya maksimal 5 tahun dan denda Rp12 miliar,” terang Gatot.

Depkominfo, janjia Gatot, akan memblokir situs tersebut meskipun servernya berada di luar negeri.”Seperti kasus You Tube yang menampilkan film Fitna itu bisa, enggak ada masalah. Namun butuh waktu karena kami tidak bisa jalan sendiri dan perlu bekerja sama dengan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia dan lembaga lain,” terangnya. (warnaislam)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s