Muslim India Demo Pembebasan Aktivis Islam

img { margin: 5px; }Ribuan Muslimin India menggelar aksi unjuk rasa besar-besaran, di Ibukota New Delhi, Kamis (29/1).

Aksi yang dihadiri sekitar 2.000 muslimin India ini dilakukan sebagai upaya protes menentang penangkpan para pegiat dakwah Islam di India.

Para pengunjuk rasa ini datang dari berbagai penjuru negeri, antara lain dari Azamgarh, negara bagian Pradesh, menggunakan kereta api yang tiba, Kamis pagi di Delhi.

Pihak koordinator aksi ini juga berupaya untuk menemui mentri dalam negeri. Selain melakukan penangkapan para aktivis Islam dengan tuduhan keterlibatan dalam terorisme, pihak kepolisian juga melakukan penyiksaan terhadap tahanan tersebut.

Salah satu koordinator aksi, Maulana Amir Rashadi, mengatakan para pemuda Islam saat ini menjadi target penangkapan atas tuduhan terlibat dengan jaringan teroris. Mereka menghendaki pembebasan para aktivis dakwah yang ditangkap tanda dasar bukti yang kuat.

Pihak keamanan India sebagai contoh, telah menangkap sepuluh aktivis dari Azamgarh selama dua tahun ini, semua ditangkap dengan alasan-alasan yang berbeda.

Amik Jamai, seorang aktivis dan pembuat film dokumenter yang mengikuti aksi protes ini mengatakan kehidupan muslim di India terasa “sangat tidak nyaman”.

“Muslim di sini sangat bangga menjadi seorang pejuang, mereka memperjuangkan kedamaian di sini, mereka hidup bersama dengan harmony” katanya pada BBC.

“Kami mengharap keadilan. Kami mengharap transparansi.”

Pada bulan November, aktivis HAM mengatakan polisi di daerah selatan Andhra Pradesh harus dituntut karena menyiksa aktivis Islam dengan tuduhan pengeboman akhir tahun lalu. (rmd/bbc)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s