Sepertiga Muslim di Eropa Alami Diskriminasi

Sepertiga Muslim di Eropa Alami Diskriminasi

diskriminasi_muslimeropa

Diskriminasi terhadap umat Islam di Eropa ibarat fenomena gunung es, kasus yang ada lebih banyak dari yang terlihat di permukaan, demikian laporan sebuah kelompok HAM uni Eropa.

Dalam sebuah survey yang dilakukan tehadap penduduk Islam di 14 anggota negara Uni Eropa, Agency for Fundamental Rights (FRA) mengatakan bahwa satu per tiga dari mereka yang didata telah menjadi korban diskriminasi selama tahun lalu, dan 11 % pernah mengalami kriminalitas bermotif rasialis.

Kebanyakan dari diskriminasi yang terjadi tidak dilaporkan ke polisi karena kebanyakan umat Islam di sana yakin bahwa polisi tidak akan bertindak apa-apa setelah mendapat laporan pengaduan.

Agensi tersebut tersebut juga meminta pemerintah negara Eropa untuk meningkatkan kepedulian terhadap penduduk Muslim terhadap hak-hak mereka dan penindaklanjutan laporan kriminal yang terjadi.

Organisasi tersebut juga menyatakan bahwa tingkat diskriminasi tertinggi terjadi di tempat kerja, dan telah berada dalam tingkat yang mengkhawatirkan.

Morten Kjaerum, direktur FRA mengatakan, ” Pekerjaan adalah bagian kunci dari proses integrasi. Memberikan kontribusi sentral bagi migran untuk bersosialisasi dan membuat kontribusi yang nyata. Diskriminasi dapat menghambat proses integrasi. ”

Umat Islam dalam kisaran usia 16 hingga 24 tahun lebih banyak mengalami diskriminasi dibandingkan dengan kelompok usia yang lain.  Dalam akhir laporannya, Kjaerum menyatakan bahwa seluruh korban rasialis harus memiliki akses untk mendapatkan keadilan, tidak hanya secara teori tetapi juga prakteknya.
(muslimdaily.net/dkr/aljzr)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s