1 Suro Untuk Muhasabah,Bukan Perayaan

kirab 1 suro

Tak terasa tahun baru hijriah 1431H akan segera tiba, sudah tua usia dunia ini. Seperti biasanya awal tahun baru hijriah ditandai dengan datangnya malam 1 muharam.

Tahun hijriah ditetapkan oleh para sahabat sebagai penanda hijrah mereka ke Madinah [kalo sejarahnya salah, benerin ya]. Tentunya sebagai  momen keIslaman perlu dibarengi dengan nilai-nilai Islam sesuai tuntuan nabi bila kita ingin mengiringi, bukan merayakan pergantian tahun ini. Lebih-lebih

dengan masa sekarang yang selalu ingin hura-hura.

Kalo gak hura hura pasti adalah acara adat yang penuh dengan bid’ah dan kesyrikan.

Seperti yang sering terjadi di kota Bengawan. Datangnya 1 MUharam atau

yang juga dikenal dengan 1 suro dalam sebutan Jawa, seringkali berbuah kesyirikan.

Untuk Keraton kasunanan menggelar acara grebeg suro dengan parade senjata pusaka kraton dan arak-arakan kebo bule kyai slamet.
Tentunya ritual syrik selalu mengeringi prosesinya. Bahkan sebagian orang ada yang percaya bila mengambil tai kebo saat arak-arakan bisa membawa berkah, naudzubillah min dzalik.
Kemudian di puro mangkunegaran, walaupun tak resmi, banyak warga melakukan jalan berkeliling istana, seperti tawah. tentunya ada anggapan juga membawa berkah, kesel jelas yen berkah gak mungkin lah yau.

Selain itu, beberapa warga yang masih kuat adat jawanya juga melakukan ritula sendiri-sendiri seperti kungkum, ngumbah keris dll.
Waduh, ati2 deh pokokknya. Lebih baik sebagai musil kita muhasabah dan introspeksi yang bener gak nyleneh2 dengan adat ya.

3 responses

  1. terserah gue lah yau mau ambil tai kebo kek mau gue makan tai kebonya kek, ngapain loe ngurusin tradisi gue yang udah ber abad2 gue lakukan??? sebelom babe ama emak loe kempo aja udah ada nih tradisi, sewoot bener sih loe, yang penting ga ganggu loe

  2. yg coment gitu dak menghargai bangsanya sendiri, amit-amit jabang bocah, , , dari pada mungutin barang haram ,,,, mending mungurin tai kebo , tai kebo yg dipungut belum tentu untuk hal yg syirik, sapa tau untuk pupuh kembang dll, ya nggak lur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s